Jumat, 28 September 2012

INGIN MENJADI "AKU"



Hai perkenalkan,,,,

Namaku Tuti Pratiwi , panggil saja Tiwi aku lahir di Jakarta 19 maret 1991. Aku anak pertama dari tiga bersaudara di keluargaku. Kegiatanku sekarang adalah,  seorang  mahasiswi Perguruan Tinggi Swasta duduk di semester 7 Universitas Gunadarma Depok.  Aku berharap ini tahun terakhir aku menyelesaikan kuliah dan bisa mencapai cita-citaku. 

Ada kata kunci yang dapat dijadikan acuan untuk menentukan apa yang kita cita-citakan dan cara mendapatkan cita-cita tersebut, Yaitu “AKU”.


“AKU” merupakan singkatan berupa :
A disini adalah : AMBISI DAN CITA-CITA
Ingin menjadi WANITA KARIR. 

Ini cita-cita yang ingin aku capai ketika aku lulus kuliah nanti. Sebelum memutuskan bercita-cita menjadi wanita karir, Ketika aku kecil banyak sekali angan-angan dibenakku untuk menjadi ini, menjadi itu, tetapi ketika aku duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama,  aku ingin sekali menjadi seorang pramugari, bisa terbang keliling dunia, melayani setiap penumpang dengan pelayan prima dan lain sebagainya. Ketika aku duduk di bangku Sekolah Menegah Kejuruan aku bercita-cita ingin menjadi seorang penulis. Menulis itu salah satu kegemaranku, karena dengan menulis sesuatu entah puisi, cerpen, atau hanya mencoret-coret kertas itu membuat hatiku senang melakukannya. Itulah cita-citaku ketika aku masih kecil.  Sekarang, ambisi dan cita-cita yang ingin aku capai yaitu menjadi WANITA KARIR. Bekerja di suatu perusahaan menjadi pegawai tetap, bisa menafkahi diri sendiri dan membantu kedua orang tuaku. Sebagai  wanita menjadi ibu rumah tangga juga merupakan cita-cita yang diinginkan. Begitu juga aku, selain bercita-cita menjadi wanita karir aku juga ingin  menikah, menjadi seorang istri,  ibu dan berharap memiliki anak kembar  dan menjadi keluarga Sakinah, Mawadah dan Warahmah. Amin …..

Itulah ambisi dan cita-cita yang ingin aku capai untuk masa depanku. Setelah aku memikirkan ambisi dan cita-citaku, aku harus mencapainya dengan kemauan dan keseungguhan. Nah singkatan yang berikutnya adalah:


“K” disini yaitu : KEMAUAN DAN KESUNGGUHAN
Kuliah dan mengambil Jurusan Manajemen S1. 

Kemauan dan kesungguhan untuk mencapai cita-citaku yaitu dengan cara aku bersungguh-sungguh kuliah. Jujur saja dulu aku tidak mau berkuliah, karena dulu aku seorang siswi SMK aku berkeinginan setelah lulus sekolah aku ingin bekerja. Aku diberikan pilihan oleh kedua orang tuaku ingin bekerja atau kuliah. Kemudian keputusan yang aku ambil adalah  bekerja dan itupun dihargai oleh kedua orang tuaku, walaupun Ayahku  menginginkan aku untuk kuliah. Aku pernah melamar pekerjaan di berbagai department store dan hasilnya aku diterima. Ketika aku diterima di department store tersebut, Seketika pikiranku menjadi GALAU bekerja atau kuliah ?
Aku masih memiliki kemauan untuk bekerja dulu belum ada kemauan untuk kuliah. Aku berdoa kepada Allah SWT agar keputusan yang aku ambil tidak sia-sia. Akhirnya, aku mendapatkan hikmah dan keputusan yang aku ambil yaitu KULIAH. Ayahku pernah bilang, “ kalau masih ada kemauan untuk belajar tidak ada salahnya untuk kuliah”. Kata-kata itu yang menjadi inspirasi aku untuk berkuliah. Jadi, kemauan dan kesungguhanku untuk mencapai cita-cita menjadi wanita karir dengan cara aku berkuliah dulu di Universitas Gunadarma Depok mengambil Jurusan Manajemen S1 baru kemudian aku bekerja. Aku berharap ketika lulus kuliah nanti, aku dapat langsung bekerja di suatu perusahaan dan mengembangkan sumber daya yang aku miliki.

Ambisi dan cita-cita sudah aku tetapkan, Kemauan dan kesungguhan sedang aku jalani, tinggal satu singkatan yang terakhir, yaitu:


“U” disini adalah : USAHA
Niat, Usaha dan Berdoa

Niat saja memang tidak cukup untuk mendapatkan dan melakukan sesuatu, hal terpenting yaitu usaha. Dengan cara apa kita berusaha dan usaha apa yang kita tempuh untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Usaha yang sedang aku jalani sekarang yaitu belajar dengan sungguh-sungguh, berusaha kuliah dengan rajin, berusaha bisa mendapatkan nilai terbaik agar kelak bermanfaat.  Dengan belajar sungguh-sungguh aku berharap bisa mencapai cita-citaku. Walau banyak halangan dan rintangan apabila kita kerjakan dengan sungguh-sungguh, mempunyai kemauan untuk maju dan tidak lupa berdoa pasti kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan. 

Jadi, cita-cita itu bisa menjadi apa saja yang kita inginkan. Untuk mewujudkannya kita harus memikirkan dahulu ambisi yang ingin dicapai,  mempunyai kemauan dulu untuk mendapatkannya dan bersungguh-sungguh mengejarnya. Tetapi, tanpa adanya usaha dan doa semua itu tidak akan berjalan dengan baik.


Kesimpulan yang saya dapat yaitu, bermimpilah untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Karena bermimpi dapat membuat kita berambisi untuk menjadi seseorang yang dapat berguna bagi setiap manusia. Sedikit cerita cita-cita yang saya inginkan dan apa yang sedang saya usahakan. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca.


1 komentar:

  1. wow, keren. semoga kakak menjadi wanita karir yang sukses :)

    BalasHapus