Kamis, 11 Oktober 2012

MEMBEDAH ETIKA IKLAN DI MEDIA TELEVISI



KASUS :
Membedah promosi produk melalui media iklan di televisi. Iklan yang akan dibedah adalah produk Dove Moisture Cream Shampoo dan  etika produk shampoo tersebut dalam memberikan informasi kepada konsumen melalui media iklan.


TEORI :
Dalam sehari-hari shampoo menjadi kebutuhan para konsumen terutama para wanita untuk membersihkan kotoran yang menempel pada rambut, bahkan shampoo juga dapat membuat rambut lebih mudah diatur dan lembut. Banyak perusahaan yang menjual produk shampoo berbagai jenis sesuai kebutuhan yang diinginkan. Perusahaan menjual produk shampoonya dengan berbagai cara alternatif seperti mempromosikan leawat iklan, media, bahkan melalui pasar-pasar besar maupun kecil untuk memperkenalkan produk shampoonya. Perusahaan industri lebih memilih cara alternatif untuk mempromosikan produknya agar dikenal masyarakat luas dengan cara mempromosikan melalui media iklan di televisi. Tidak heran perusahaan insdutri produk shampoo banyak yang berlomba-lomba untuk memperkenalkan produknya melalui media iklan televisi dan persaingan iklan produk shampoo di media iklan mulai bermunculan bahkan saling menjatuhkan antar produk shampoo lainnya. disini saya membahas tentang produk Dove Moisture Cream Shampoo.


Munculnya Dove Moisture Cream Shampoo


Awal munculnya shampoo dove pada 28 Februari 2005: Unilever Indonesia luncurkan dove moisture cream shampoo. “hadirnya Dove Moisture Cream Shampoo, yang diformulasikan sesuai dengan struktur rambuat oang Asia, merupakan salah satu bentuk tanggapan dan inovasi untuk merealisasikan keinginan para wanita akan rambut yang indah, lembut, ringan dan mudah diatur. Dove Moisture Cream Shampoo memiliki berbagai jenis yaitu Dove Dandruff Care Shampoo, Dove Daily Shine Shampoo, Dove Hair Fall Treatment Shampoo, Dove Intense Care Shampoo dan Dove Nourishing Oil Care Shampoo.

Kelebihan shampoo Dove Moisture Cream Shampoo:
  • Dove Moisture Cream Shampoo dengan ¼ mouisturizing cream-nya mampu memberikan moisturasi dalam jumlah cukup pada rambut.
  • Menjadikan rambut tidak lepek dan berminyak 
  •  Rambut tidak mudah kering dan kusut.
  • Rambut lebih bercahaya dan mudah diatur.
 
Dove Moisture Cream Shampoo yang hadir dalam kemasan 400 ml, 200 ml, 100 ml dan sachet (6 ml) bisa didapatkan di supermarket, hipermarket dan mini market yang sudah beredar di seluruh Indonesia sejak Februari, 2005.


Etika Bisnis Dove Moisture Cream Shampoo di Media Iklan televisi :

Sering kita melihat iklan yang ditayangkan oleh shampoo Dove Moisture Cream Shampoo yang menampilkan wanita-wanita terkenal seperti artis, penyanyi, dan lain-lain yang memiliki rambut indah, lembut dan berkilau. Iklan tersebut mencoba untuk memberikan hasil yang terbaik melalui media iklan khususnya media televisi agar para konsumen tertarik untuk membeli produk shampoo Dove. Dimana iklan tersebut berusaha meyakinkan para konsumen apabila memakai produknya rambut akan menjadi lembut, indah dan berkilau dengan dihadirkannya artis-artis wanita yang terkenal. Kemudian artis tersebut memeragakan dan memperlihatkan rambut indah dan lembut setelah memakai shampoo tersebut. Hal tersebut secara tidak langsung telah memberikan informasi bahwa shampoo Dove lebih unggul dibandingkan dengan shampoo lainnya. Setelah itu para artis juga menyatakan bahwa setelah memakai Dove Moisture Cream Shampoo memberikan hasil terbaik untuk rambut mereka.



ANALISIS :
Berdasarkan teori diatas bahwa maraknya perkembangan dunia periklanan sudah sangat pesat. Banyaknya karya yang telah dihasilkan membuat para iklan sangat menarik ditampilkan di berbagai media terutama media televisi. Tetapi jika dicermati lebih jauh lagi dari karya-karya tersebut, masih banyak iklan yang melanggar tata krama dan tata cara periklanan di Indonesia, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Maraknya periklanan tersebut menimbulkan dampak negatif terhadap konsumen. Untuk mencegah dan mengatasi pelanggaran terhadap tata krama dan tata cara tersebut, maka perlu dibuat suatu etika dalam periklanan khususnya pada media televisi. Etika sangat penting diterapkan agar tidak melanggar hukum dengan saling menjatuhkan produk satu dengan produk lainnya. Dan tentunya agar tidak membuat konsumen menjadi bingung untuk menentukan produk yang akan dipilih dan seharusnya iklan di media televisi tidak memberikan kekeliruan informasi agar konsumen tidak tersesat apabila ada informasi yang tidak benar. 


Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar